Kamis, 03 Februari 2011

TIPS MENGATASI FLU DAN BATUK

Siapa yang tidak pernah kena flu dan batuk? Semua orang bahkan mulai dari bayi hingga dewasa pernah merasakan flu dan batuk. Flu dan batuk tidak pandang  bulu, siapa saja bisa dihinggapi virusnya. Flu dan batuk sering datang pada saat cuaca ekstrim, seperti terlalu panas, terlalu dingin dan musim hujan. Apakah ada hubungan antara flu dan batuk dengan cuaca yang sering berubah tersebut? Dari hasil penelitian menyatakan sebenarnya tidak ada hubungan antara flu dan batuk dengan keadaan cuaca. Flu dan batuk dipengaruhi oleh kekebalan tubuh seseorang. Orang yang mudah terjangkit virus flu dan batuk berarti daya tahan tubuh sedang berkurang. Daya tahan tubuh seseorang dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor misalnya: terlalu sibuk sehingga kurang olahraga, banyak masalah sehingga mendatangkan stress, gizi yang tidak seimbang dan kurang istirahat.

Lalu kenapa pada saat musim hujan datang sering terkena flu dan batuk, diantara para ahli berpendapat bahwa hal ini ada hubungannya dengan mekanisme pertahanan tubuh. Ketika cuaca dingan dan musim hujan datang tubuh lebih cenderung untuk membuang sisa-sisa metabolismenya sehingga kita lebih mudah menyesuaikan diri dengan cuaca saat itu.

Flu dan batuk biasanya diawali dengan bermacam-macam gejala mulai yang ringan hingga yang berat. Gejala yang  ringan   biasanya dimulai dengan perasaan kurang enak badan, bersin-bersin, batuk ringan, hidung tersumbat, nyeri sendi, sakit kepala, dan sakit di tenggorokkan. Jika disertai gejala yang lebih berat seperti demam panas atau terkadang menggigil, otot kaku bisa mengarah kepada influenza.

Flu dan batuk disebabkan oleh virus, sedangkan virus tersebut belum ada  obatnya. Jadi yang perlu kita lakukan jika terserang flu dan batuk adalah:
  • Meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) yaitu dengan cara banyak meminum atau memakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon dan buah-buahan lainnya yang banyak mengandung vitamin C. Jika kita mengunakan jeruk nipis dapat kita buat dengan cara mencampur air yang telah diberi madu dengan campuran air perasan jeruk nipis. Madu dikenal sebagai minuman penambah stamina sedangkan jeruk nipis minuman yang banyak mengandung vitamin C. Selain daripada itu kita dapat juga mengunakan bawang putih yang kita iris halus kemudian dimakan. Jika tidak kuat kita bisa juga meminum air jahe atau wedang jahe untuk menghangatkan tubuh. Perlu kita ingat bahwa untuk buah yang banyak mengandung vitamin C pengkonsumsiannya hati-hati bagi penderita sakit maag.
  • Istirahat yang lebih banyak. Dengan beristirahat lebih banyak berarti sejenak kita melepaskan rutinitas kita yang akan mengurangi stress sehingga memberikan kesempatan kepada tubuh untuk mengembalikan fungsi-fungsinya (recovery).
  • Banyak minum air putih, bisa juga minum jus-jus buah yang fungsinya untuk meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Sebagai bahan tambahan untuk mengurangi flu dan batuk yang sedang diderita dapat menggunakan minyak yang mengandung aromateraphy yang banyak dijual dipasaran.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar