Jumat, 04 Februari 2011

KAPAN ANAK SIAP UNTUK BERSEKOLAH?


Perkembangan anak yang satu berbeda dengan anak yang lain. Kita tidak bisa membandingkan secara langsung jika anak A lebih pintar dari anak B. Setiap anak adalah unik,  mempunyai kemampuan dan bakat masing-masing, mungkin anak yang satu lebih tereksplorasi kemampuannya sehingga ia akan kelihatan lebih pintar dari anak yang lain. Begitu pula halnya dengan bersekolah, ada yang baru berusia 3 tahun sudah siap masuk playgroup tapi ada pula yang berumur 5 tahun belum siap untuk bersekolah

Kalau begitu bagaimana cara mengetahui bahwa anak siap untuk bersekolah

Jika ingin memasukkannya ke playgroup ada baiknya anda berbicara dahulu dengan guru sekolah tersebut. Biasanya sekolah yang memiliki psikolog akan melihat kemampuan anak, atau bisa juga psikolog atau guru mengadakan serangkaian tes untuk melihat kemampuan anak untuk beradaptasi dan kesiapan anak menerima materi
 
Secara gambaran umum untuk melihat apakah anak sudah siap untuk bersekolah atau belum dapat kita jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
 
  • Sudah bisakah anak mendengarkan instruksi dengan baik dan mengikutinya? Anak-anak membutuhkan ketrampilan tersebut selama berada di dalam kelas, sehingga ia bisa berinteraksi dengan baik dengan guru dan teman-teman mereka.
  •  Sudah bisakah anak bermain sendirian selama beberapa waktu?
  • Apakah anak sudah terlihat nyaman dikelilingi orang lain?
  • Sudah bisakah anak memberitahukan kepada guru ketika ingin buang air besar atau buang air kecil?
  • Apakah anak sudah mulai tertarik memegang pensil  atau alat tulis lainnya serta mencoba mencoret-coret kertas?
  •          Apakah anak mudah bergaul dengan anak lainnya?
  •          Apakah anak sudah mulai bisa berbagi dan menunggu giliran?
  •         Sudah bisakah anak bekerja sama dengan anak-anak lain sebagai bagian dari kelompok? Kemampuan untuk mengalah dan berkompromi menunjukkan bahwa anak sudah siap secara emosional.
  •         Apakah anak punya rasa ingin tahu yag besar dan gemar mempelajari hal-hal yang baru? Jika rasa ingin tahunya mengalakan rasa takutnya pada hal-hal baru, anak akan mudah menyesuaikan diri saat bersekolah.
  •          Apakah anak sudah tertarik dengan buku? Terkadang anak mencoba “membacabuku dengan cara menceritakan isi buku berdasarkan gambar yang ada. Hal ini menunjukkan perkembangan bahasanya yang baik.
  •         Dan berikut yang penting diperhatikan adalah kemampuan motorik anak. Misalnya anak sudah bisa memegang gunting di bawah pengawasan atau memegang pensil mendekati cara yang benar.
Jika pertanyaan diatas sebagian besar jawabannya “ya”  dan “kadang-kadang” itu tandanya anak sudah siap untuk bersekolah di taman kanak-kanak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar