Jumat, 04 Februari 2011

MANFAAT TIDUR BAGI KECANTIKAN


Apakah tidur berpengaruh terhadap kecantikan? Tidur yang bagaimanakah yang baik buat kecantikan?
Tidur tentu berpengaruh terhadap kesehatan, dan kesehatan akan berpengaruh terhadap kecantikan. Kesehatan dan kecantikan adalah dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Bagaimana kelihatan cantik jika badan kita kurang sehat? Nah salah satu untuk menjaga kesehatan tersebut adalah dengan tidur yang baik yang sesuai dengan kaedah kesehatan sehingga tidur akan jadi bermanfaat dan berkualitas.

Dikota-kota besar tidak semua orang mudah untuk tidur, gaya hidup, kesibukan di kantor, tingkat stress yang tinggi bisa mengakibatkan terganggunya pola tidur atau bahkan mengakibatkan susahnya seseorang untuk tidur, hal semacam ini lebih dikenal sebagai insomnia. Gangguan tidur seperti tidur tidak pulas, tak teratur, dan sering disertai mimpi buruk merupakan beberapa bentuk gejala gangguan tidur yang dapat menyerang siapa saja. Gangguan ini dapat terlihat dari ciri-ciri fisik yang tampak pada wajah dan kulit, seperti  jaringan kulit bawah mata yang menipis sehingga pembuluh darah terlihat jelas dan mulai tampaknya bayangan hitam dan kantong mata. Selain itu, bibir terlihat pucat dan kulit wajah tidak merona segar, sementara kulit kulit tubuh pun terkesan kusam. Cara tidur yang salah juga akan menyebabkan munculnya kerut-kerut di seputar wajah. Bagi wanita, ciri-ciri fisik itu tentu menakutkan, karena berakibat langsung pada kecantikan. Sudah saatnya memperhatikan pola dan cara tidur kita. 

Orang dewasa membutuhkan tidur rata-rata sekitar 7 jam pada malam hari. Tidur yang baik tidak sekedar berbaring dan memejamkan mata. Kualitas tidur lebih penting dijaga daripada kuantitasnya. Mungkin tidur 5-6 jam sudah cukup bagi seseorang. Menurut ahli, tidur di malam hari tidak tergantikan oleh tidur di siang hari. Karena melatonin, yaitu hormon pertumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan diproduksi menjelang sore hari hingga pukul 4 pagi. Zat antioksidan berguna memperlambat proses penuaan dan menetralisir radikal bebas. Bisa dibayangkan jika tubuh kekurangan zat tersebut bisa mengakibatkan penuaan dini dan tubuh mudah diserang oleh berbagai macam penyakit.

Beberapa hal yang dapat menyulitkan tidur adalah: makan terlalu banyak dan berlebihan, memaksakan diri untuk tidur padahal belum mengantuk, minum minuman yang mengandung caffeine seperti kopi, bisa juga minum teh ataupun minuman bersoda lainnya yang mungkin mengandung bahan yang membuat tubuh terjaga dan merasa segar. Kemudian supaya tidur dapat lebih nyenyak pada malam hari kita dapat menghindari tidur siang dan mencari penyebab-penyebab yang mengakibatkan kita sulit tidur.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar