Jumat, 04 Februari 2011

TIPS POLA MAKAN SEHAT UNTUK BALITA

Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk balita agar pola makannya sesuai dengan yang kita harapkan.
  • Menambahkan air di jus si kecil, ini berguna untuk menambah cairan yang dibutuhkannya sepanjang hari. 

  • Memperkenalkan makanan baru, jika anak mulai bosan dengan menu yang anda berikan saatnya anda mencoba memeperkenalkan makanan baru kepadanya, waktu yang tepat adalah saat anak dalam keadaan lapar tetapi tidak terlalu lapar dan kelelahan, bisa juga saat sarapan atau makan siang

  • Anak tidak mau makan sayur,   hem…saatnya anda berusaha mensiasatinya dengan cara memberikan kelompok sayur-sayuran yang mirip buah-buahan seperti: buah tomat, wortel –wortel mungil, timun yang dapat merangsangnya untuk mencoba. Sebaiknya tidak memberikan sayuran yang dimasak. Sayur yang dimasak terlalu matang terkadang membuat si kecil cepat bosan.    
  •  Pada umumnya anak-anak suka minum susu, tetapi adakalanya mereka bosan atau tidak mau minum susu. Kita bisa mensiasatinya dengan mengolah makanan menjadi makanan yang banyak mengandung susu misalnya: pudding yang dicampur susu, agar-agar yang diberi campuran susububur yang diberi susu, cemilan-cemilan lain yang menarik bagi anak yang mengandung susu.
  •   Berikanlah makanan manis yang aman buat si kecil. Makanan dengan rasa manis asli lebih baik diberikan kepada anak dibandingkan makanan dengan pemanis buatan, misalnya: jus buah, ice cream, dan lainnya.


  •  Anak terlalu memilih makanan, ada baiknya anda mengajak anak untuk mencoba makanan baru bersama, dengan mencoba makan bersama dengannya akan menggugah selera makannya.
  • Biasakanlah anak untuk selalu meminum air putih setelah minum susu, ice cream, atau makanan manis lainnya.

Selamat Mencoba  ya…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar